Friday, July 10, 2015

Tetap Semangat, Tetap Ceria!

    Hai! Sudah lama aku tidak menulis di blog ini lagi... Sekarang aku akan bercerita tentang suka dan duka di kelas 7-9!

    Sekarang ini lagi liburan panjang... Nanti pas masuk aku akan duduk di bangku kelas 8 lho! Tetapi sayangnya, aku harus pisah kelas dengan beberapa teman-temanku di kelas 7-9.
Tentunya semuanya sedih, nggak bisa bareng-bareng lagi, karena kan 7-9 kelas yang bagus dan kompak. Jadi yaa wajarlah banyak yang sedih, kan belum tentu sebagian dari teman-temanku akan di kelas unggulan lagi. Apalagi kelas 7-9 sering memenangkan banyak lomba, seperti lomba kebersihan. Kelas 7-9 itu banyak prestasinya, selalu menjadi juara pertama lomba kebersihan diantara kelas 7 lainnya, juara pertama membuat makanan ODNR, juara pertama fashion show, dan masih banyak lagi. Selain itu, anak-anak 7-9 dipandang sebagai anak dengan moral yang baik, juga pintar (meskipun masih ada yang tergolong anak-anak yang "begitu"). Kelas 7-9 dulunya adalah sebuah lab, tetapi semenjak dibuat lab IPA yang baru, lab yang lama dijadikan kelas 7-9. Tetapi, enak lho, belajar di lab itu. Ruangannya luas.... Tetapi  yang menyebalkan adalah, ruang 7-9 sering dijadikan ruang rapat, sehingga tak jarang kita dipindahkan ke perpustakaan. Di perpustakaan itu ruangannya tak cukup untuk 40 anak, suhu ruangannya panas karena ventilasinya ditutup pake papan (gimana udara mau masuk -___-), banyak rak-rak yang menghalangi, tetapi yang enaknya kita jarang belajar di perpus. Biasanya Bu Nur (wali kelasku) akhirnya mengizinkan kami menonton TV di situ, karena kami tak ada kegiatan selama di pepustakaan. Sungguh beruntung aku bisa masuk kelas ini!

***

Ulangan Kenaikan Kelas...
Biasanya, aku tenang-tenang saja menghadapinya. Akan tetapi, suatu hari, 2 minggu sebelum UKK, semua guru memberikan pengumuman bahwa UKK nanti akan menyajikan soal UKK berdasarkan dari kurikulum 2006! Astaga! Selama ini, sekolahku mengajarkan materi Kurikulum 2013. Dan, UKK nanti memakai soal kurikulum 2006? Yaa gimana mau ngisi soal kalau nggak pernah belajar kurikulum 2006. Kan rasanya gimana gitu. Jengkel.

    Akhirnya, mulai dari 2 minggu sebelum UKK, sekolahku mengajarkan kurikulum 2006. Aku agak ragu, apakah dalam 2 minggu dapat mengejar pelajaran kurikulum 2006 yang selama 4 bulan 2 minggu tertinggal? Melelahkan. Selama 2 minggu itu, aku full belajar keras. Bagaimanapun caranya, aku harus masuk 5 besar! Nggak mau tau! Aku mungkin nggak menonjol dalam menjawab pertanyaan guru karena aku nggak suka basa-basi, tetapi nilai ku tetap bagus!

    3 Minggu berlalu, aku sudah melaksanakan UKK! Lega. Sekarang waktunya camping! Yeah! Sebenarnya dalam 1 minggu menghadapi UKK, aku lebih fokus ke camping yang cuma 2 hari 1 malam! Hehe, tapi hasil UKK nantinya tidak begitu jelek kok. Nah, aku tuh bingung sama camping yang prinsipnya aneh. Wajib bawa ini itu, yang akhirnya sama sekali tidak digunakan dan hanya membuat tas menjadi lebih berat. Ugh! OK, jadi aku berdiri di atas bukit membawa tongkat, terguyur hujan.... Maksudnya, aku pergi ke atas bukit perumahan sambil membawa tongkat pramuka, dan waktu itu lagi hujan. Aku naik mobil Cindy, di mobil, udah ada banyak teman-temanku menanti. Aku udah nggak sabar! Mobil pun melaju ke tempat perkemahan.

***

Keesokan harinya setelah camping...
Aku berangkat ke sekolah dengan mata yang ngantuk berat... Saat itu aku sangat mengantuk karena tidurnya belum cukup. Aku mengira di sekolah akan diberikan pengumuman gitu, ternyata tak ada pengumuman dan anak 7-9 yang masuk disuruh mengisi biodata raport kelas 7-8. Nyuruh boleh aja, tapi apa nggak bisa memperhatikan kondisi? Sedih amat.

***

Hari ini pengambilan raport...
    Pagi itu, saat aku melihat BBM feeds, semuanya update status yang sama, " Bismillah... Semoga hasilnya memuaskan,". Kemudian setelah bersiap-siap, aku berangkat.
    Di kelasku, sudah banyak yang mendapatkan raportnya. Andini ranking 5, Agung ranking 9, Laily ranking 7, Ayu ranking 2, dan Shabicka ranking 3! Aku? Belum tau. Saat itu ada yang tak beres, Bu Nur mengatakan bahwa Ashira ranking 2. Tapi bukankah Ayu yang mendapat ranking 2? Saat itu belum terungkap mengapa seperti itu. Setelah semuanya mendapatkan raportnya, kami (yang masuk sekolah hari itu) berkumpul di kelas. Kemudian, peristiwa yang tak terduga terjadi. Bu Nur mengatakan bahwa ranking kedua adalah aku, sementara Ayu ranking 4. Langsung saja Ayu menangis. Entah mengapa aku merasa bersalah. Selama ini, aku mengakui Ayu sebagai anak terpintar di kelasku setelah Fajar. Tapi, kenapa malah aku yang mendapat ranking 2? Padahal aku sama sekali tidak ada motivasi untuk mendapatkan ranking 2. Aku hanya ingin masuk 5 besar atau maksimal ranking 3. Dan aku pun tidak menyontek saat UKK. Jadi aku berpikir ini hanyalah kebetulan. Aku meminta maaf berkali-kali kepada teman dekatku itu. Ia menangis tersedu-sedu. KIta semua saat itu sedang menangis, apalagi saat Bu Nur membacakan puisi untuk kami semua. Today, we're crying, crying, and crying.

    Setelah semuanya selesai, Andini mengatakan bahwa kita akan makan bersama. Yeay! Bu Nur juga memberikanku hadiah dan sebuah kecupan di pipi. Hahahaha. Lalu aku menelepon Mama untuk minta izin makan di KFC dan Mama mengizinkan. Sungguh hari itu sangat luar biasa! Terimakasih 79 sudah mengisi hari-hariku di sekolah.

***
    Keesokan harinya, liburan panjang dimulai. Banyak sekali teman-temanku yang mengucapkan sampai jumpa.
    " Bye, Ashira. Sukses terus ya!"
    " Kita bakal misah Shir... :'( "
    " Jangan sombong ya, Shir,"
    " Kapan-kapan ngobrol bareng lagi!"
    " Aku masih pengen bareng kalian semua!!!"
    " Yah, nanti kita beda kelas jadi saingan dong? Nggak mau...,"
Dan masih banyak lagi. Hahaha aku sih nggak bakal sombong kalau kalian nggak sombong ke aku \^^/  Pokoknya tetaplah menjadi 7-9 yang Luar Biasa, Tetap Semangat dan Tetap Ceria!

0 comments: